Madu Manuka, Cek Manfaat dan Cara Konsumsinya disini

Sejak zaman dahulu, madu telah digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pada abad ke-19, peneliti membuat fakta kalau madu bisa melindungi badan dari bakteri. Sampai saat ini, makanan manis yang dihasilkan oleh lebah ini, masih dipercaya memberikan manfaat medis. Salah satunya madu manuka. Madu manuka merupakan madu yang berasal dari Australia serta Selandia Baru. Madu manuka dibuat oleh lebah yang menyerbuki bunga Leptospermum scoparium, serta dikenal juga dengan istilah semak manuka. Madu manuka kerapkali dipercaya untuk mengobati beraneka macam penyakit.

HILLARY FARM MADU MANUKA-500-GRAM

Dari teksturnya, Madu Manuka berbeda dengan madu yang biasa. Bening serta bercorak kecoklatan, madu Manuka bertekstur lebih kental dengan warna yang lebih hitam serta keruh. Apabila dilihat sepintas mata, madu tipe ini lebih mirip semacam karamel. Madu ini umumnya dapat membantu kamu mengobati sebagian berbagai penyakit. Ayo, cari tahu lebih lanjut tentang manfaat madu Manuka di bawah ini.

Manfaat Madu Manuka

  1. Bantu mengatasi permasalahan pencernaan

Small Intestinal Bacterial Overgrowth (SIBO) dan meningkatnya asam lambung saling berhubungan satu sama lain. Sebab dikenal memiliki antibiotik, madu manuka mempunyai manfaat sebagai obat utuk penyakit akibat bakteri.

Dalam penelitian baru-baru ini, salah satu bakteri bahaya yang ada pada asam lambung yaitu Clostridium nyatanya dapat dilawan dengan madu Manuka. Jadi, mengonsumi madu Manuka dapat jadi sangat efektif untuk kurangi asam lambung serta menyeimbangkan sistem pencernaan Kamu.

  1. Bantu melawan methicillin resistent staphylococcus aureus (MRSA)

Pernakah kamu mendengar tentang MRSA? Keadaan ini diakibatkan oleh pemakaian antibiotik kelewatan serta tidak efektifnya obat yang diberikan, sehingga membuat bakteri Staph jadi tidak dapat dilawan. Menyebar dengan cepat, mayoritas orang yang terserang MRSA jadi terinfeksi secara kronis sampai memerlukan pembedahan, pemasangan sendi palsu, ataupun membutuhkan tabung penyokonguntuk bertahan hidup. Para peneliti menemukan bahwa madu Manuka dapat merendahkan kegiatan gen yang ada di dalam bakteri MRSA.

  1. Bantu kurangi permasalahan kulit

Dari testimoni berbagai penderita, madu Manuka juga bisa berguna untuk menghilangkan berbagai permasalahan pada kulit semacam jerawat serta eksim. Kamu dapat berupaya melakukannya dengan mengaplikasikan madu ini ke areajerawat ataupun eksim buat sebagian menit, kemudian bilas dengan sabun serta air. Lakukan setiap hari untuk memperoleh hasil yang optimal.

  1. Meringankan luka

Menurut penelitian yang diterbitkan di Jundishapur Journal of Alami Pharmaceutical Products, madu Manuka dapat membantu pemulihan luka, kurangi rasa sakit dari luka bakar, serta kurangi peradangan di kulit penderita.

Lebih lanjut lagi, kandungan antioksidan, antibakteri, serta anti radang yang terdapat di dalam madu manuka bisa menghindari peradangan untuk orang orang yang mempunyai borok ataupun bisul.

  1. Bantu mengobati permasalahan gigi serta gusi

Sebagian penelitian juga berkata kalau madu Manuka dapat membantu mengobati gingivitis serta periodontal.  Isi mineral zinc (seng), kalsium, serta fosfor pada madu Manuka juga berfungsi untuk pemulihan gigi.

  1. Membantu tingkatkan imunitas

Informasi yang diterbitkan dalam Journal of Leukocyte Biology menganjurkan kalau suatu kondungan yang ada pada madu manuka bisa tingkatkan sel-sel imun tubuh. Berkat sifat antibakterinya, madu manuka dapat menghentikan perkembangan bakteri semacam pada penyakit radang tenggorokan yang terkait dengan peradangan. Untuk yang sedang sakit, komsumsi madu ini bisa memperbaiki keadaan tubuh selang beberapa jam kemudian.

  1. Bisa digunakan untuk perawatan kecantikan

Komsumsi madu Manuka secara teratur bisa memberikan dampak yang baik untuk tingkatkan tenaga kamu serta kondisi kesehatan kulit. Nutrisi madu manuka bisa tingkatkan vitalitas, energi, dan tekstur serta warna kulit. Tambahkan madu Manuka pada sabun cuci muka homemade (buatan sendiri) untuk mengelupas sel kulit mati serta melawan dampak radikal bebas pada kulit. Kamu juga bisa menambahkannya pada sampo ataupun masker rambut kamu agar  membuat rambut kamu menjadi lebih berkilau. Tidak hanya itu, Kamu dapat menambahkan madu manuka dalam minuman buat detoks badan kamu.

  1. Tingkatkan kualitas tidur

Madu Manuka membantu kamu mendapatkan tidur yang berkualitas. Madu Manuka membantu kamu menghasilkan glikogen secara perlahan yang diperlukan untuk badan saat tidur. Menambahkan madu ini ke dalam susu saat sebelum tidur membantu badan kamu menghasilkan melatonin yang bisa membantu otak supaya tidur nyenyak sehingga menghindarkan kamu dari permasalahan kesehatan akibat kurang tidur semacam penyakit jantung serta stroke.

  1. Alternatif pengobatan untuk penyakit pernapasan

Secara uji klinis madu manuka telah dibuktikan kemampuannya sebagai alternatif dari obat antibiotik dalam perawatan cystic fibrosis. Ini merupakan sesuatu peradangan respirasi yang diakibatkan bakteri mematikan. Bersumber pada penelitian di Universitas Oxford, madu manuka memiliki hidrogen peroksida efektif menangani infeksi saluran pernafasan atas (URTI).

Berbagai penelitian sudah membuktikan mengenai manfaat madu untuk kesehatan. Meski demikian, kamu perlu ketahui kalau madu bisa memberikan sejumlah kalori tambahan pada badan, sama semacam gula serta pemanis pada umumnya.

Meski madu berasal dari sumber alami, tetap saja madu merupakan pemanis tambahan, semacam halnya sirop jagung ataupun gula tebu. Karena itu, penting sekali untuk mengetahui cara minum madu yang benar agar kamu mendapatkan manfaatnya secara optimal. Terdapat sebagian cara tepat untuk mengkonsumsi madu yang penting untuk kamu perhatikan.

Cara mengkonsumsi Madu :

  1. Batasi Mengkonsumsi Madu Harian

Aturan minum madu yang pertama merupakan membatasi mengkonsumsi madu setiap hari. Perihal ini sejalan dengan para ahli yang menganjurkan untuk komsumsi madu yang sesuai dengan takaran.  Cara komsumsi madu cukup variatif, Kamu bisa menambahkan madu dalam berbagai tipe hidangan seperti :

  • Mengombinasikan satu sendok makan madu ke dalam teh
  • Menyiramkan madu ke atas yoghurt
  • Mengombinasikan madu ke oatmeal pagi, roti panggang, serta selai kacang
  • Jadi alternatif saus dressing salad
  1. Kenali Tipe Madu

Tipe utama madu merupakan organik, dark, light, raw, serta filtered. Tipe tersebut mengacu pada sumber madu, ialah tipe bunga yang nektarnya di makan oleh lebah. Warna, rasa, serta isi nutrisi madu tergantung pada nektar yang digunakan lebah. Cara pas mengkonsumsi madu merupakan dengan memilih tipe madu cocok selera serta bagaimana kamu akan memakai madu tersebut.

Contohnya madu manuka yang memiliki rasa yang lebih kuat sehingga baik untuk kesehatan. Madu yang berwarna gelap juga dikatakan mempunyai lebih banyak antioksidan, walaupun rasanya cenderung lebih getir.

  1. Jangan Malas Membaca Kemasan Madu

Sebelum mempraktikkan cara minum madu yang benar, ada baiknya di saat mau membeli madu, jangan malas membaca kemasan agar mengetahui jenis madu apa yang anda pilih. Kamu juga bisa mewaspadai madu palsu yang dapat dilihat melalui harga yang lebih murah.

  1. Pelajari Tekstur Madu

Cara memilih produk madu yang berkualitas dicoba dengan pemilihan tekstur madu. Umumnya, produk bagus bertekstur tebal, kemudian saat diaduk, madu bergerak sangat pelan, (meski tekstur madu tergantung pada jenisnya raw ataupun unfiltered).

Madu yang bagus sepatutnya tidak cair semacam sirop serta tidak lengket di tangan. Kamu juga dapat mengecek dari baunya yang cenderung beraroma bunga. Jika memungkinkan, belilah produk lokal yang memang sudah populer serta telah teruji memproduksi madu yang berkualitas.

  1. Madu Untuk Daya Tahan Tubuh

Madu mempunyai manfaat untuk antioksidan serta antibakteri sehingga bisa tingkatkan sistem imunitas badan. Seseorang pakar gizi dari Delhi, Anshul Jaibharat, merekomendasikan untuk komsumsi madu di saat pagi hari untuk memperoleh manfaat madu tersebut.

Sebab madu sangat mudah untuk ditemui dimana-mana, Kamu juga perlu mewaspadai karena adanya produk madu palsu maupun madu yang sudah dicampur dengan bahan-bahan yang lain. Nah, ternyata manfaat madu manuka setara dengan biayanya yang mahal. Akan tetapi, jangan sampai kamu tertipu dengan madu manuka palsu yang tersebar di pasaran. Madu Manuka Indonesia yang asli mempunyai label UMF di kemasannya. Selamat mencoba!