Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan

Teh hitam Blesstea Indonesia sudah lama diketahui dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat teh hitam yaitu menghindari penyakit jantung. Tetapi, terdapat banyak manfaat teh hitam yang lain yang juga yang dapat anda rasakan bila komsumsi dengan benar.

Teh hitam berasal dari daun Camellia sinensis, tumbuhan yang sama dengan teh hijau. Untuk membuat teh hitam, daun teh akan melalui proses pengeringan serta oksidasi sampai membantu rasa yang kuat serta warna yang lebih hitam dibanding teh hijau.

Blesstea Indonesia

Walaupun tidak sepekat kopi, teh hitam mempunyai rasa yang lebih kuat sebab memiliki lebih banyak kafein daripada tipe teh yang lain. Teh ini diketahui banyak akan antioksidan, yaitu senyawa yang bisa membantu kurangi peradangan dalam badan. Tidak hanya rasa yang kuat, teh hitam pula memiliki kafein yang lebih besar dibanding dengan tipe teh yang lain. Teh hitam pula banyak akan antioksidan, sehingga bisa memberikan bermacam- macam manfaat untuk kesehatan.

Tidak salah bila teh hitam bisa memberikan bermacam manfaat untuk kesehatan badan. Mulai dari kurangi peradangan sampai tingkatkan kesehatan jantung.

Manfaat Teh Hitam

Untuk mengenali lebih dalam tentang manfaat teh hitam, ikutilah uraian berikut ini.

  1. Melindungi kesehatan jantung

Semacam yang dikenal jika teh hitam memiliki banyak antioksidan, salah satunya merupakan flavonoid. Senyawa satu ini berguna untuk melindungi kesehatan jantung. Dengan komsumsi teh hitam bisa tingkatkan jumlah antioksidan di dalam badan, sehingga membantu menurunkan resiko terbentuknya penyakit jantung. Kalian dapat mulai komsumsi teh hitam paling tidak 3 gelas per hari secara teratur.

  1. Menurunkan Kandungan Kolesterol

Di dalam badan memiliki 2 lipoprotein buat mengangkat kolesterol ke segala badan, ialah low density lipoprotein ( LDL) serta high density lipoprotein ( HDL).

LDL dikategorikan sebagai lipoprotein jahat sebab mengangkat kolesterol ke sel- sel di segala badan. Apabila jumlahnya sangat banyak bisa menimbulkan permasalahan kesehatan semacam serangan jantung ataupun stroke. Sebagian penelitian membantu jika dengan komsumsi teh hitam bisa membantu kurangi kolesterol LDL di dalam badan serta meminimalisir resiko terserang penyakit jantung ataupun kegemukan.

  1. Tingkatkan Kesehatan Usus

Bakteri yang baik mempunyai peranan penting untuk menyehatkan pencernaan. Isi polifenol membantu melindungi kesehatan usus dengan mendesak perkembangan bakteri baik, dan membatasi perkembangan bakteri jahat. Teh hitam juga memiliki antimikroba yang bekerja membunuh zat yang beresiko serta membantu membetulkan susunan saluran pencernaan.

  1. Mengurangi tekanan darah

Tekanan darah tinggi ataupun hipertensi bisa tingkatkan resiko jantung serta ginjal, stroke, kendala penglihatan, dan penyakit yang berhubungan dengan jantung. Penelitian menampilkan jika mengkonsumsi teh hitam secara teratur bisa menurunkan tekanan darah.

Tidak hanya sebagian manfaat di atas, teh hitam juga bisa melindungi kesehatan usus, tingkatkan metabolisme, dan menurunkan resiko terbentuknya penyakit batu ginjal, osteoporosis, serta gigi berlubang. Walaupun teh hitam mempunyai banyak manfaat sebab isi polifenolnya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk meyakinkan manfaat nya untuk kesehatan.

  1. Melindungi kesehatan otak

Tidak banyak yang ketahui jika dengan komsumsi teh hitam bisa membantu melancarkan aliran darah ke otak, dan menurunkan resiko kendala kognitif. Isi kafein di dalam teh hitam juga dapat jadi alternatif pengganti kopi untuk meningkatkan fokus dalam melaksanakan kegiatan tiap hari.

  1. Menurunkan resiko stroke

Stroke yaitu penyakit pemicu kematian paling tinggi no 2 di diunia, yang bisa terjadi saat pembuluh darah diotak tersumbat ataupun rusak. Keadaan ini bisa dicegah dengan mengendalikan pola makan, olahraga, serta tidak merokok.

Suatu penelitian membantu jika minum teh hitam secara teratur dapat menurunkan resiko stroke, dibanding dengan mereka yang tidak minum teh hitam.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Kenaikan kandungan gula darah bisa meningkatan resiko komplikasi kesehatan, semacam diabet tipe2, kegemukan, serta gagal ginjal. Teh hitam termasuk minuman non-manis yang ditemui bisa membantu tingkatkan insulin  di dalam badan. senyawa dalam teh hitam, spesialnya bisa tingkatkan kandungan insulin, sehingga menurunkan kadar gula darah.

  1. Meningkatkan daya tahan badan

Manfaat teh hitam berikutnya merupakan bisa tingkatkan daya tahan badan, berkat isi antioksidan semacam polifenol. Zat ini berperan untuk menghindari radikal bebas yang masuk ke dalam badan, sehingga tidak mudah terkena penyakit serta sakit.

  1. Menghindari Resiko Kanker

Isi polifenol di dalam teh hitam bisa membantu menghindari kelangsungan hidup sel kanker, termasuk pada kanker buah dada. Ini menampilkan jika teh hitam bisa menanggulangi penyebaran kanker buah dada yang tergantung pada hormon.

  1. Menurunkan Berat Badan

Mempunyai berat badan berlebih sering membuat kurang nya rasa yakin diri serta bisa mengusik penampilan. Teh hitam efektif untuk menurunkan berat badan.

Manfaat teh hitam untuk diet dapat kalian miliki berkat isi kafein di dalam teh hitam yang bisa memecah lemak di dalam badan, dan mempertahankan penyusutan berat badan untuk jangka waktu yang lebih lama. Tetapi, perlu diingat jika isi kafein yang sangat banyak tidak baik untuk badan.

  1. Obati Jerawat

Tidak banyak orang yang ketahui jika teh hitam tidak cuma memberikan manfaat untuk kesehatan, melainkan juga untuk menanggulangi bermacam permasalahan kulit semacam jerawat. Kalian dapat miliki manfaatnya dengan menjadikan ampas teh hitam sebagai scrub.

Penggunaannya juga cukup mudah, yakinkan wajah kalian sudah benar-benar bersih. Setelah itu, oleskan ampas teh hitam pada wajah secara menyeluruh serta diamkan kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas memakai air hangat. Lakukan secara teratur paling tidak minimun 2 kali seminggu.

  1. Melancarkan pencernaan

Polifenol dalam teh hitam bisa berguna untuk  membantu melancarkan proses pencernaan, paling utama menanggulangi bermacam penyakit usus serta lambung. Perihal ini sebab terdapatnya aifat antimikroba yang bisa membunuh zat beresiko sekalian membetulkan susunan saluran pencernaan. Tidak hanya itu, minum teh hitam juga dapat membantu menurunkan resiko peradangan usus serta pembuatan batu ginjal.

  1. Melindungi kesehatan mulut

Mengkonsumsi teh hitam bisa membantu menghindari plak, gigi berlubang serta membantu melindungi nafas kamu lebih fresh. Teh hitam mempunyai sifat antioksidan membantu menghindari peradangan di mulut.

  1. Melindungi Kesehatan Tulang

Teh hitam jika sering di konsumsi bisa membantu untuk membentuk tulang yang lebih kuat serta mungkin lebih rendah untuk terserang radang sendi sebab fitokimia yang ditemui dalam teh.

  1. Penghilang stres

Kita semua sadar dan tahu tentang manfaat teh hitam yang menenangkan dan membuat rileks. Tidak hanya membantu memperlambat aktivitas kita setelah hari yang panjang, penelitian dalam jurnal Psychopharmacology menunjukkan bahwa asam amino L-theanine yang ditemukan dalam teh hitam dapat membantu kamu rileks dan berkonsentrasi lebih baik. Teh hitam juga telah terbukti mengurangi kadar hormon stres kortisol bila dikonsumsi dalam jumlah sedang secara teratur.

Cara mengkonsumsi teh hitam yang baik

Teh hitam tidak hanya baik untuk kesehatan, akan tetapi juga mudah untuk dibuat. Jika kamu menggunakan teh hitam yang dibeli di toko-toko, cukup dengan tambahkan satu kantong teh ke dalam cangkir yang berisi air panas. Kemudian, teh hitam sudah bisa untuk dikonsumsi.

Tetapi, apabila kalian memakai daunnya, cukup pakai 2-3 gr daun teh hitam. Kemudian, seduh dengan air panas serta biarkan teh terendam selama 3-5 menit. Sehabis itu, keluarkan daun teh hitam dari air serta siap untuk dinikmati.

Walaupun teh hitam menawarkan bermacam-macam manfaat, senantiasa batasi jika kalian mempunyai sebagian permasalahan kesehatan tertentu ataupun konsultasikan dengan dokter terlebih dulu.