Tips Untuk Menyimpan Kue Kering Lebaran

Aroma kue kering telah mulai mengudara dimana-mana. Sebagian kue kering telah masuk toples-toples kaca, ditaruh bagus untuk dibuka nanti di hari raya. Pada biasanya, kue kering akan bertahan sampai 3 hari jika ditaruh di temperatur ruang alias tidak dimasukkan ke dalam wadah spesial. Setelah 3 hari, tekstur akan berganti, begitu juga dengan citarasanya. Yang tentu, kue kering akan melempem serta kehabisan karakteristik khas crunchy ataupun renyahnya. Tetapi bila ditaruh dengan metode yang benar, kue kering dapat bertahan berbulan-bulan. Apalagi bila dimasukkan ke lemari pendingin, terdapat tipe kue kering yang dapat bertahan sampai 6 bulan lamanya.

kue kerng lebaran semprit

Tips Menyimpan Kue Kering Lebaran agar tahan lama

  1. Diamkan di temperatur ruang

Jangan langsung memasukkannya ke dalam toples kaca serta toples plastik. Letakkan dahulu kue kering di cooling rack serta dinginkan dalam temperatur ruang. Kue kering yang langsung masuk wadah bertutup dalam temperatur panas akan mengundang uap air tiba. Uap air yang melekat di bagian dalam toples ini hendak menimbulkan kue kering cepat melempem.

  1. Simpan sesuai varian masing-masing

Bila Kamu mencerna sebagian tipe kue kering dalam satu hari, senantiasa ingat untuk menyimpannya sesuai tipe. Saat kamu menaruh kue kering yang lembut bertepatan dengan kue kering yang garing renyah, hingga bagian lembab dari kue kering lembut akan mengganggu tekstur kue kering yang garing renyah. Dampaknya kue kering yang renyah akan terkontaminasi air serta kehabisan tekstur aslinya.

  1. Simpan memakai sekat-sekat pembatas

Jangan banyak menumpuk kue kering tanpa susunan pembatas. Tiap satu ataupun 2 tumpukan, lapisi dengan kertas roti saat sebelum Kamu menumpuk kembali kue kering untuk  membuat susunan ketiga. Susunan ini berperan untuk menghindari kue kering melekat satu sama lain serta mengganggu tekstur.

  1. Seleksi toples yang tepat

Supaya kue kering awet renyahnya, simpan dalam toples yang cocok. Ialah toples yang kedap udara. Yang sangat baik merupakan toples kaca yang mempunyai tutup lebih rapat, dengan susunan karet yang mengunci udara luar supaya tidak dapat menerobos masuk.

  1. Simpan dalam lemari pendingin supaya dapat lebih awet

Toples kaca serta toples plastik yang telah berisi kue kering dapat Kamu tempatkan di sudut dapur ataupun sudut ruang yang kering serta sejuk supaya dapat bertahan berminggu- minggu. Bila mau kue kering tahan sampai berbulan- bulan, masukkan toples ke freezer. Saat akan di makan lagi tata kue kering di loyang ataupun cooling rack supaya kue kering dapat menggapai temperatur ruangnya kembali.

  1. Panduan mengembalikan tekstur kue kering

Bila penyimpanan salah serta kue kering jadi lembek, Kamu dapat memanggangnya kembali kurang lebih 5 menitan. Tidak hanya teliti dalam menaruh, menghasilkan kue kering yang renyah juga wajib diawali dari langkah awal, yaitu pemilihan bahan serta metode pengolahan. Untuk mencerna kue kering yang renyah, baiknya menggunakan tepung protein besar. Setelah itu jangan gunakan temperatur sangat panas sebab hanya akan membuat adonan menjadi cepat gosong.

Berakhir membuat adonan serta mencetak kue kering, proses berikutnya merupakan memanggang kue. Biasanya orang Indonesia membuat kue kering dengan perlengkapan oven, oven tangkring (oven masak dengan kompor), ataupun teflon. Pengguna oven kompor ataupun oven tangkring umumnya memakai indra peraba (tangan) untuk mengenali tingkatan kepanasan oven. Alternatifnya, menganjurkan untuk memakai termometer spesial memasak untuk mengukur temperatur oven yang digunakan nya.

Di saat lebaran terdapat begitu banyak perihal yang dipersiapkan oleh para muslim di Tanah Air. Mulai dari pakaian baru, hidangan lebaran sampai hidangan  yang harus terdapat di meja tamu ialah kue kering. Lebaran sendiri identik dengan kue kering. Terdapat begitu banyak tipe kue kering yang dijadikan sebagai hidangan  disaat Hari Raya Idul Fitri.

Tetapi, secara umum kue kering senantiasa sukses memeriahkan serta menemani momen hangat saat berkumpul bersama keluarga di hari lebaran. Berikut ini deretan kenyataan tentang kue kering yang senantiasa terdapat disaat perayaan lebaran.

Fakta Kue Kering Lebaran

  1. Kue Kering sebagai Simbol Perayaan

Terdapat begitu banyak tipe kue kering, tetapi yang sangat kerap dihidangkan disaat lebaran yakni nastar serta kastengel. Kedua kue kering ini dibawa masuk oleh orang-orang Belanda yang senantiasa untuk di tiap momen perayaan. Kerutinan ini juga jadi tradisi yang menempel di masyarakat serta saat ini kue kering jadi suguhan wajib, bukan cuma disaat lebaran, tetapi juga perayaan yang lain baik Natal ataupun Tahun Baru.

  1. Mempererat Silaturahmi

Lebaran yaitu momen hangat yang sering dihabiskan bersama keluarga ataupun saudara yang tidak sering ditemui. Itu kenapa banyak orang menyajikan bermacam hidangan, salah satunya kue kering untuk menjamu para tamu yang tiba buat bersilaturahmi.

  1. Kue Kering Awet dalam Waktu Lama

Banyak yang bingung gimana awal mula kue kering sering dihidangkan disaat lebaran. Awal mulanya, kue kering cuma boleh dinikmati oleh para bangsawan serta baru menyebar ke segala dunia melalui orang dagang muslim.

Di abad ke-14, kue kering ini baru boleh dimakan oleh rakyat biasa serta kerap dijadikan bekal disaat bepergian sebab lumayan awet ditaruh dalam waktu lama.

  1. Memperkenalkan Kehangatan di Rumah

Terdapatnya kue kering di rumah membuat suasana terasa lebih hangat. Terlebih lagi proses membuat kue dipastikan memperkenalkan kehangatan tertentu di antara anggota keluarga. Belum lagi saat mencicipinya bersama dengan keluarga besar di saat hari Lebaran datang.

Ingin menjajal membuat kue kering sendiri? Membuat kue sendiri memungkinkan anda meracik dengan lebih bebas untuk menghasilkan rasa yang enak. Namun, beberapa orang tidak jarang kesulitan untuk membuatnya. Bagaimana teknik cara membuat kue kering supaya renyah dan tahan lama? Berikut tipsnya :

  • Gunakan bahan kue berkualitas tinggi: Bahan kue yang masih baru, berkualitas akan menghasilkan kue kering yang renyah dan tahan lama.
  • Gunakan mentega dan susu cair yang dingin atau cocok dengan suhu ruangan: Sebagai daftar tambahan, mentega dingin bukan berarti mentega yang masih beku, tetapi mentega bersuhu dingin. Dua hal ini dapat membuat tekstur kue lebih lembut, kering tetapi tetap renyah dan bebas dari bau tengik.
  • Pilih dan olah tepung terigu dengan tepat: Ada sekian banyak jenis tepung terigu, masing-masing sesuai untuk membuat jenis kue atau makanan tertentu. Untuk membuat kue kering, pilihlah soft wheat flour alias tepung terigu protein rendah. Jenis tepung terigu ini tercipta dari gandum empuk dengan kadar protein sekitar 8-9%. Tepung terigu protein rendah tidak banyak menyerap air sehingga kue kering anda menjadi super kering dan renyah.
  • Sangrailah tepung terigu supaya tekstur tepung menjadi lembut: Menyangrai tepung terigu akan membuat tepung lebih kering. Alternatif lainnya ialah dengan menjemur tepung terigu di bawah sinar matahari langsung. Cara membuat kue kering ini akan membuat tekstur kue anda lembut.
  • Pastikan menguleni adonan secara perlahan dan benar: Bersabarlah saat menguleni adonan. Jika anda menguleni adonan secara cepat dan keras, suhu panas pada adonan akan panas pada tangan anda sehingga kue akan menjadi keras atau alot.